LAPORAN
STUDY
TOUR
KE OBJEK WISATA
TMII, DUFAN, DAN GSA
JAKARTA
Karya
Tulis
ini adalah salah satu syarat
Untuk
mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas VIII
Tahun
Pelajaran 2013/2014
Disusun
oleh :
1.
Nurul
Ahadah
2.
Yani
Lestari
3.
Wahyu
Nurhalimah
4.
Sayid
Muhammad Toha Al-Qutban
5.
Rio
Riyanto
6.
Soni
Alfahikam
7.
Wibowo
Bayu
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI MAJENANG
KABUPATEN
CILACAP
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Jalan Raya
Pahonjean No. 11 Kotak Pos 09 Majenang Telepon ( 0280 ) 621557
HALAMAN
PENGESAHAN
Karya Tulis ini berjudul “ Laporan
Perjalanan Study Tour ke Objek Wisata
TMII, Dufan, dan GSA Jakarta “.
Karya Tulis ini telah disahkan dan
disetujui oleh guru pembimbing pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat :
MTs Negeri Majenang
Jln.
Raya Pahojean No. 11 Majenang
Majenang, 2014
Pembimbing Kesiswaan
Imam
Mujiharto, S.Pd. Okah
Imtikhanah, S.Pd.
NIP.
19670322 199303 1 005 NIP.
19671120 199403 2 001
Mengetahui ,
Kepala
MTs Negeri Majenang
H.
Moch Makhrus, S.Pd. M.Pd .
NIP
19600303 198303 1 004
II
HALAMAN
MOTTO
1. Aku takkan pernah malu karena
berbeda tetapi aku malu jika aku berbuat kejahatan
2.
Hidup kita hanya satu kali maka gunakan dengan hal-hal yang positif
3.
Aku akan terus mencoba walaupun di
hadapanku ada 1000 rintangan
4.
Hidupmu hanya satu kali jadi
gunakan sebaik-baiknya
5.
Tetaplah tersenyum dalam menghadapi
segala rintangan
6.
Jadiakan masa lalu sebagai cermin menuju
masa depan
7.
Kita boleh jatuh 7 kali tetapi kita
harus bangkit berulang kali
III
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Alhamdulillah
kami ucapkan kehadirat Allah SWT. sehingga penyusunan Karya Tulis ini yang
berjudul “ Laporan Perjalanan Study Tour ke Objek Wisata TMII, Dufan, dan GSA Jakarta “ dapat selesai. Semoga karya tulis
ini bermanfaat bagi penyusun pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
Penulis mempersembahkan
Karya Tulis ini kepada :
1. Bapak H. Moch Makhrus, S.Pd. M.Pd, selaku Kepala MTs Negeri Majenang.
2. Bapak Zidan Munhar, A.Ma, selaku pembimbing
karya tulis ini.
3. Ibu Ariesta Indriawati, S.Pd, selaku
wali kelas VIIIE MTs Negeri Majenang.
4. Bapak/Ibu
guru yang membantu dalam pembuatan karya tulis ini.
5. Orang tua kami yang telah memberikan do’a dan dukungan.
6. Karyawan/Karyawati
MTs Negeri Majenang.
7. Teman-
teman kelas VIII dan adik – adik kelas serta kakak kelas kami.
IV
|
KATA
PENGANTAR
Assalamu ‘alaikum wr.wb
Puji syukur
atas kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada
kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis berjudul “
Laporan Perjalanan Study Tour ke
Objek Wisata TMII, Dufan, dan GSA Jakarta “ dengan lancar tanpa hambatan apapun.
Karya Tulis ini diajukan untuk
memenuhi syarat mengikuti Tes Standardisasi MTs Negeri Majenang Tahun
Pelajaran 2013/2014.
Kami menyadari bahwa Karya Tulis ini belum sempurna, kami mohon maaf apabila ada
kekurangan dalam penulisan Karya Tulis ini. Kami menerima saran
dan kritik Anda para pembaca.
Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
penyusunan Karya Tulis ini.
Semoga Karya Tulis ini
bermanfaat bagi penyusun pada khususnya dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu ‘alaikum
wr.wb
V
V
|
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul ............................................................................................................................i
Halaman
Pengesahan ................................................................................................................ii
Halaman
Motto ........................................................................................................................iii
Halaman
Persembahan .............................................................................................................iv
Kata
Pengantar ..........................................................................................................................v
Daftar
Isi ...................................................................................................................................vi
Bab
I Pendahuluan
A. Latar
Belakang Peneliitan .............................................................................................1
B. Tujuan
dibuatnya Karya Tulis
.......................................................................................1
C. Metode
Pengumpulan Data ...........................................................................................1
D. Manfaat
Penelitian .........................................................................................................1
E. Sistematika
Penulisan ....................................................................................................2
Bab II Objek Wisata
A. Taman
Mini Indonesia Indah ( TMII ) .........................................................................3
B. Pusat
Peragaan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
( PP IPTEK ) ...............................11
C. Gelanggan
Samudra Ancol ( GSA ) ............................................................................30
D. Dunia
Fantasi ( Dufan ) ...............................................................................................32
Bab
III Penutup
A. Kesimpulan .................................................................................................................37
B. Kesan
dan Pesan
..........................................................................................................37
C. Kata
Penutup ...............................................................................................................37
Daftar Pustaka ........................................................................................................................38
VI
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Karya
wisata ini kami lakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, setelah karya
wisata telah selesai dilakukan oleh kami maka diharapkan kami dapat membuat Karya Tulis. Karya Tulis adalah hasil dari suatu kegiatan
mengamati dan memahami dengan lebih
detail.
Laporan Karya Tulis ini merupakan syarat untuk
mengikuti tes. Laporan ini berisikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama menjalankan study
tour selama 1 hari 2 malam ( dari tanggal 12 –14 Maret 2014 ). Dalam laporan ini juga
berisikan tentang informasi objek study
tour yang berada di Jakarta.
B. Tujuan
dibuatnya Karya Tulis
Dalam
menyusun Karya Tulis ini,
penyusun terlebih dahulu mengujungi empat tempat wisata, yaitu TMII, PP IPTEK,
Gelanggan Samudra Ancol, dan DUFAN yang berlokasi di Jakarta.
Tujuan penulis membuat Karya Tulis ini antara lain :
1. Untuk menambah pengetahuan dan
wawasan
2. Untuk mengetahui lebih lanjut
hal-hal yang berkaitan dengan objek
wisata yang kami kunjungi
3. Untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti UKK II Tahun Pelajaran
2013/2014
C. Metode
Pengempulan Data
Metode
pengumpulan data yan digunakan dalam penyusunan karya tulis ini adalah dengan
Ø Metode observasi :
yaitu
dengan melihat langsung objek yang dikunjungi atau diteliti
Ø Metode Literatur :
yaitu dengan menggunakan buku dan juga media internet.
D. Manfaat
Penelitian
Adapun kegunaan penelitian yang penyusun dapatkan di antarannya adalah sebagai berikut :
1.
Dapat
menambah wawasan dan pengetahuan
2.
Dapat
mengetahui perkembangan teknologi
3.
Dapat
mempermudah dalam menyusun karya tulis
1
E. Sistematika
Penulisan
Bab
I Pendahuluan : Latar Belakang, tujuan dibuatnya
karya tulis, metode pengumpulan data, manfaat penelitian, sistematika
penulisan.
Bab
II objek wisata : penyajian materi, yang meliputi laporan perjalanan
Bab
III penutup : kesimpulan, kesan dan
pesan serta kata-kata penutup
2
BAB II OBJEK WISATA
A. Taman
Mini Indonesia Indah ( TMII )
Taman
Mini Indonesia Indah (TMII) yang diprakarsai oleh Alm. Ibu Tien Soeharto. Taman
wisata ini diresmikan sejak April 1975 dengan tujuan untuk memberi gambaran
Indonesia secara holistik dalam bentuk yang mini dan indah. Dengan luas sekitar
150 hektar, TMII memiliki puluhan anjungan daerah, Pusat Peragaan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), 11 unit taman, Theater 4 Dimensi, Istana Anak-anak Indonesia, dan masih terus
dikembangkan. Dengan adanya TMII, pengunjung dapat menambah wawasan
mengenai kebudayaan bangsa Indonesia dari kehidupan, tradisi, busana , dan
tarian daerah.
Kami
mengunjungi TMII dengan menumpangi bus tetapi menurut pendapat kami jika Anda ingin
mengujungi TMII sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor agar dapat
mengelilingi TMII dengan leluasa. Cukup dengan harga Rp 10.000 per mobil atau
Rp 6.000 per motor ditambah dengan Rp 9.000 per orang (3 tahun keatas). Gerbang
pintu masuk TMII cukup besar dan mudah dicari sehingga Anda tidak akan
kesulitan menemukan akses ke dalam TMII.
3
|
Di TMII juga terdapat Snow Bay,
watertainment TMII, yang merupakan kolam renang untuk keluarga. harga tiket
masuk di pintu masuk. Rate harga tiketnya dari Rp 50.000 hingga Rp 120.000. Snow Bay menjual juga tiket Last Minute Discount, yaitu transaksi
dimulai pukul 16.00, seharga Rp 50.000 untuk weekdays dan Rp
60.000 untuk weekend. Snow Bay beroperasi dari pukul 09.00
hingga 18.00.
Karena tidak cukup waktu kami tidak melihat
monorail di Stasiun Taman Budaya. Sky
Lift Indonesia, kereta gantung, hanya dengan Rp 20.000 (weekdays) atau Rp 25.000 (weekend),
Di
kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, tercatat ada 16 museum di
Taman Mini Indonesia Indah. Museum-museum di Taman Mini umumnya menampilkan
keragaman seni dan budaya serta kekayaan alam dan ilmu pengetahuan yang
dimiliki oleh bangsa Indonesia. Beberapa museum yang kami lihat saat akan
menuju PP IPTEK antara lain:
1.
Museum Indonesia
4
|
Jam Buka Museum
Indonesia:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk Museum
Indonesia:
Rp15.000
Rp15.000
Museum Indonesia
2.
Museum
Olahraga
Hampir
setiap museum di Taman Mini memiliki bentuk bangunan yang unik, tak terkecuali
Museum Olahraga. Terletak di bagian depan TMII dekat lapangan parkir untuk
mobil keliling dan sepeda keliling, Museum Olahraga memiliki bangunan berbentuk
bola raksasa. Bangunan museum olahraga yang memiliki luas 3.000 m2 memamerkan
alat-alat olahraga, alat-alat permainan tradisional, medali dan piala para
atlet Indonesia, nama-nama atlet berprestasi.
Museum
Olahraga juga menampilkan informasi mengenai sejarah olahraga nasional dan
sejarah berdirinya stadion pertama di negeri ini. Tujuan didirikannya Museum
Olahraga adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya olahraga kepada
masyarakat sekaligus memberikan apresiasi kepada atlet-atlet berprestasi di
Indonesia.
Jam Buka Museum
Olahraga:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00
5
|
Rp2.000
Museum Olahraga Nasional
3.
Museum
Penerangan
Museum
Penerangan yang terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah bukanlah museum
yang menampilkan berbagai jenis lampu dan alat penerangan. Penerangan yang
dimaksud di sini adalah salah satu bentuk komunikasi untuk memberikan kabar
atau informasi. Museum Penerangan di Taman Mini menempati bangunan berbentuk
bintang dengan 5 sudut yang melambangkan Pancasila dan 5 bidang penerangan
(penerangan umum, radio, televisi, film, serta ers dan grafika). Tugu api serta
5 patung juru penerang terpajang di bagian depan museum.
Beragam
koleksi benda-benda penerangan sejak zaman kerajaan hingga masa modern seperti
sekarang dapat ditemukan di Museum Penerangan. Beberapa koleksi unik yang
dimiliki museum di antaranya kentogan berukir, terompet to’is, kamera foto
peliput PEPERA pada tahun 1962 – 1963, serta televisi umum pertama di
Indonesia. Wisatawan juga bisa melihat diorama operasi penanggulangan bencana
alam dan patung-patung para tokoh penerangan di Indonesia.
Jam Buka Museum
Penerangan:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00.
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00.
6
|
6
|
Gratis
Museum Penerangan
4.
Museum
Prangko Indonesia
Sesuai
dengan namanya, Museum Perangko Indonesia menampilkan koleksi perangko-perangko
langka dan unik dari dalam dan luar negeri. Koleksi perangko di Museum Perangko
Indonesia diterbitkan antara tahun 1865 – 1950 sejak masa penjajahan Belanda
hingga setelah Indonesia merdeka. Bukan cuma perangko, Museum Perangko
Indonesia juga memamerkan koleksi foto-foto perangko, tampilan proses pembuatan
perangko, serta foto kantor pos pertama di Batavia.
Jam Buka Museum
Prangko Indonesia:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00/ WIB
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00/ WIB
7
|
Rp5.000
Museum Prangko Indonesia
5.
Museum
Purna Bhakti Pertiwi
Museum
Purna Bhakti Pertiwi yang terdapat di bagian depan kompleks Taman Mini
Indonesia Indah memiliki bentuk bangunan yang unik mirip nasi tumpeng raksasa.
Museum ini menyimpan sekitar 13.000 koleksi benda dan cinderamata yang
berhubungan dengan perjalanan hidup mantan Presiden Soeharto dan istrinya Ibu
Tien Soeharto.
Berdiri
di atas lahan seluas 19,5 hektar, Museum Purna Bhakti Pertiwi terdiri atas 1
bangunan utama seluas 18.605 m2 dan beberapa bangunan penunjang. Semua bangunan
museum berbentuk seperti kerucut sementara bangunan utamanya memiliki puncak
berwarna emas.
Jam Buka Museum Purna
Bhakti Pertiwi:
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB.
Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB.
8
|
- Dewasa: Rp5.000
- Anak-anak: Rp3.000
- Mobil: Rp5.000
- Motor: Rp2.500
- Bus: Rp7.500
Museum Purna Bhakti Pertiwi
6.
Museum
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (PP IPTEK) didirikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat
mengenai pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di museum ini,
ditampilkan berbagai macam peraga tentang apa, bagaimana, dan mengapa IPTEK
diciptakan serta bagaimana manfaatnya bagi kehidupan manusia.
Berbeda dengan museum-museum lain yang
umumnya hanya menampilkan benda-benda pajangan, alat-alat peraga di Museum PP
IPTEK ditampilkan secara atraktif dan interaktif bagi pengunjung dari segala
usia. Bahkan, pengelola museum juga menyediakan lembar kerja sains untuk
memandu proses pembelajaran siswa-siswi TK hingga SMA di Museum PP IPTEK.
Beberapa alat peraga menarik yang terdapat
di Museum PP IPTEK adalah simulator gempa bumi, roket air, sepeda layang, dan
generator van de graft.
9
|
Senin – Jumat pukul 08.30 – 16.30 WIB
Sabtu & Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB
Tiket Masuk PP IPTEK:
Rp16.500
Rp16.500
Selain terdapat museum di TMII
juga terdapat replika rumah adat dari berbagai daerah, seperti Kalimantan Barat.
Di sini juga terdapat wisata Pintar
di TMII
MAIN
GIROSKOP SAMPAI NAIK SEPUR
Wisata
ke TMII? Orang Jakarta, bahkan mungkin juga anda yang tinggal nan jauh dari
ibukota, akan spontan berkomentar ‘jaduuul… !’
10
|
Kini
TMII sudah berusia 34 tahun. Setelah melewati sekian dasawarsa, terbukti TMII
menjadi salah satu tujuan wisata yang diunggulkan dan paling banyak dikunjungi,
dan menjadi ‘etalase’ kekayaan budaya Indonesia terlengkap.
TMII juga memiliki anjungan dari
seluruh provinsi di Indonesia. Meskipun sudah berusia tua, apa yang terdapat di
TMII masih relevan untuk diketahui seluruh anak bangsa, dan menyajikan sangat
banyak informasi yang bernilai pendidikan.
B. PP IPTEK
Berawal dari ide Mentri Riset dan Teknologi yang
mengemban misi mencerdaskan masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi,
dibangunlah Pusat Peragaan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) di Taman Mini Indonesia Indah.
Di dalam bangunan seluas 24.000 m² di atas lahan 42.300 m², disajikan berbagai
peragaan tentang apa, mengapa, dan bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi
diciptakan dan dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.
Pusat Peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat
mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.
Arah perkembangan ini harus disadari agar generasi penerus dapat mengikutinya
untuk kemudian maju bersama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
tersebut.
Peragaan di PP
IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur. Momok mengenai ilmu pengatahuan
dan teknologi yang serius dan membosankan terbantahkan. Pengunjung dapat
mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan
teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh,
dipegang, dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari Taman
Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan
disediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu
pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif.
Beberapa alat
peraga menantang, misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
11
|
Di samping itu
pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium
berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang
menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
Pusat Peragaan
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya,
melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat
keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang
bersifat portable.
12
|
Letak
gedung PP IPTEK berada di bagian belakang Taman Mini. Sebagai petunjuk, dari
pintu gerbang TMII tempat kita membayar tiket masuk, jika kita menggunakan
kendaraan sendiri, begitu bertemu dengan tugu monumen, ambil jalan ke arah
kiri, dan tetap lurus saat bertemu belokan ke kanan pertama. Kita baru berbelok
kanan di belokan kedua, lalu ikuti jalan menyusuri pinggiran utara TMII hingga
bertemu dengan Taman Burung (ada papan namanya di sebelah kiri). Dari lokasi
Taman Burung, letak PP IPTEK sudah tidak jauh, ikuti saja terus jalannya.
Begitu terlihat bangunan dengan bentuk yang unik, kita tinggal masuk ke halaman
gedung tersebut. Silakan parkir kendaraan kita di tempat parkir yang memang
khusus untuk pengunjung PP IPTEK, tempat parkirnya pun diteduhi oleh
pohon-pohon rindang yang membuat kendaraan kita tidak terlalu tertimpa teriknya
matahari. Saat kami berkunjung ke sini, tidak begitu terlihat banyak kendaraan
yang parker karena kami datang ke
sana
pada pagi hari.
Sebelum mendekati pintu masuk, di halamannya saja kita sudah bisa menjumpai beberapa objek peraga iptek. Salah satunya adalah parabola penghantar suara jarak jauh. Dengan memanfaatkan parabola berdiameter lebih dari 2 meter dan berpasangan ini (karena jumlahnya 2), kita bisa berkomunikasi dengan teman kita yang berjarak jauh dari kita, layaknya teman kita itu berada di depan kita. Syaratnya ya kita harus bergantian saat berbicara dan saat mendengar, antara menaruh mulut dengan telinga kita pada bulatan besi di tengah-tengah parabola tersebut (catatan: bulatan besi tersebut adalah titik fokus parabola). Suara yang terdengar akan cukup jelas.
Sebelum mendekati pintu masuk, di halamannya saja kita sudah bisa menjumpai beberapa objek peraga iptek. Salah satunya adalah parabola penghantar suara jarak jauh. Dengan memanfaatkan parabola berdiameter lebih dari 2 meter dan berpasangan ini (karena jumlahnya 2), kita bisa berkomunikasi dengan teman kita yang berjarak jauh dari kita, layaknya teman kita itu berada di depan kita. Syaratnya ya kita harus bergantian saat berbicara dan saat mendengar, antara menaruh mulut dengan telinga kita pada bulatan besi di tengah-tengah parabola tersebut (catatan: bulatan besi tersebut adalah titik fokus parabola). Suara yang terdengar akan cukup jelas.
13
|
Parabola berbisik...cukup dengan berbisik, suara kita akan didengar oleh teman kita yang berjarak jauh dari kita
Sayangnya, kedua parabola tersebut ditaruh pada jarak yang terlalu dekat, sehingga kurang bisa membuktikan bahwa kedua parabola tersebut bisa digunakan sebagai penghantar suara dalam jarak jauh (misalnya 50 meter), dengan hasil suara yang cukup jelas terdengar. Alat peraga serupa juga terdapat di Taman Pintar Yogyakarta, tetapi bedanya di sana kedua parabola berbisik itu diletakan berjauhan, sehingga membuat kita akan terheran-heran dan kagum...dengan jarak seperti itu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa hp, dan dapat berkomunikasi dengan baik.
Demikian pula di teras pintu masuk gedung, terdapat beberapa objek peraga yang cukup menarik yang bisa kita coba dan mainkan. Sayang, ada sebuah alat peraga yang beberapa bagiannya hilang atau rusak dan belum diperbaiki (alat peraga yang terletak di sebelah kiri, saya lupa namanya). Sementara di tengah-tengah entrance area, terdapat sebuah main landing gear pesawat Airbus 300, turut memberikan warna teknologi pada gedung ini. Wah, baru di terasnya saja kami sudah merasa senang dengan suasana dan pemandangannya. Apalagi kalau kami masuk ke dalamnya...
14
|
Untuk bisa masuk ke dalam, kita harus membeli terlebih dahulu tiket seharga Rp16,500, yang bisa terasa sangat murah bila dibandingkan harga tiket masuk Snow Bay misalnya. Oh, ya. Sebagai informasi, jam buka PP IPTEK ini adalah sebagai berikut:
Senin s/d Jumat: 08.30 – 16.30 WIB
Sabtu & Minggu: 08.30 – 17.00 WIB
Masuk ke bagian dalam gedung, kita akan disuguhi layout dan desain interior yang futuristik, luas dan megah. Di bagian depan, pertama kita akan menjumpai patung-patung dan foto tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dan teknologi, disertai riwayat hidup singkat dilengkapi penemuan-penemuan/sumbangsih mereka bagi iptek dunia . Mulai dari Socrates, Archimedes, Copernicus, Isaac Newton hingga Albert Einstein dan lain-lain.
Denah layout gedung PP Iptek. Terdiri dari 3 lantai
15
|
14
|
Jam pasir
Harpa tanpa dawai namun harpa tetap mengeluarkan bunyi sesuai nadanya
Pesawat yang pernah menjadi kebanggaan Indonesia, N250.
16
|
Alat-alat peraga iptek tersebut, ditaruh di ruang demi ruang, area demi area, berdasarkan bidang keilmuannya. Ada area antariksa, lingkungan, energi, fluida, gelombang, listrik dan magnet, mekanika, optik, transportasi darat, transportasi udara, arena peneliti cilik, matematika, penyakit dan kesehatan, dan lain-lain. Dengan dikelompokkan, kita akan lebih mudah memahami bidang iptek yang dibahas. Metoda belajar discovery learning, mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkan dengan cara berinteraksi dan bermain sambil belajar dengan alat peraga, akan dipraktekkan oleh kita di PP IPTEK ini.
Berdasarkan informasi yang bisa kita baca di sana, untuk pengadaan alat-alat peraga serta penelitan dan pengembangan ipteknya, PP IPTEK ini bekerja sama dengan instansi pemerintah seperti LIPI, LAPAN, BATAN, BAKOSURTANAL, perguruan-perguruan tinggi iptek dan lembaga-lembaga ilmiah lain. Selain itu, PP IPTEK yang dikelola oleh Kementerian Riset dan Teknologi (dibangun zaman Pak Habibie masih Menristek) ini, menjadi anggota Asosiasi Pusat Sains dan Teknologi internasional (Science – Technology Centers). Peranan pihak swasta yang menjadi rekan kerjasama serta sponsor pun tidak bisa diabaikan. Disini orang tua pun dapat ikut belajar dan memainkan alat-alat peraga tersebut. Dijamin cukup menyenangkan!
Banyak hal-hal baru yang bisa kita dapatkan, yang secara prinsip kita sudah tahu, namun secara aplikasi kita baru menyadarinya. Atau sebaliknya, secara aplikasi kita sudah sering melihat atau memanfaatkannya, namun secara prinsip ilmu kita belum mengetahui atau memahaminya. Sebagai contoh, bagaimana kita mengendarai sepeda dengan roda berbentuk segiempat? Apakah sepeda tersebut bisa berjalan? Kita bisa mencoba sepeda seperti itu yang ada di PP IPTEK dan kita akan paham mengapa hal tersebut bisa terjadi
Atau contoh lain, bagaimana tsunami terjadi menyusul kejadian gempa bumi di bawah dasar laut? Kita bisa mencobanya dengan alat simulasi tsunami yang terletak di Tsunami Corner. Dari percobaan yang kita lakukan, kita akan tahu mengapa dan bagaimana tsunami itu terjadi.
34
|
Jangan malu-malu untuk bermain-main dengan alat peraga di PP IPTEK
Di area optik dan cahaya, kita mencoba untuk membuktikan adanya efek tipuan mata atau optical illusion. Terdapat sebuah rumah-rumahan yang di dalamnya terdapat 2 buah jendela yang terlihat berukuran sama. Cara memainkannya suruh temanmu masuk dan kamu mengintip dari luar rumah-rumahan tersebut lewat celah intip. Temanmu berdiri di 2 posisi yang berbeda dan terlihatlah sebuah efek tipuan mata. Di posisi pertama temanmu terlihat lebih besar dibandingkan jendela, sementara di posisi kedua temanmu tampak lebih kecil. Kenapa bisa begitu?
17
|
Temanmu di sebelah kanan...terlihat dia lebih tinggi daripada jendela
Temanmu berdiri di sebelah kiri...sekarang dia terlihat lebih pendek daripada jendela
Bayang-bayang selalu berwarna hitam/gelap?....
jawabannya tidak, karena di sini bayang-bayang punya warna
Anda tidak pernah mengalami kejadian gempa bumi?
Di sini kita bisa mencoba merasakannya. Terdapat simulator gempa bumi, berbentuk rumah-rumahan yang di dalamnya ada banyak barang seperti di rumah sungguhan. Kita bisa sambil duduk di kursi atau sambil berdiri, beberapa saat pintu ditutup, rumah-rumahan itu
18
|
Saking seperti gempa bumi beneran...Andra segera bereaksi berlindung diri di kolong meja...hehehe...
Mau merasakan seperti apa gempa bumi?
Seperti menghadapi kejadian gempa bumi sungguhan
apakah Anda ingin tau seperti apa saluran pernapasan kita? Kita bisa menjelahinya
19
|
20
|
Tapi di PP IPTEK, kereta tersebut sudah ada. Dan kita bisa berfoto di sampingnya.
kereta supercepat
Kepala lepas dari badan?...Di sini semuanya serba mungkin!
Kepala tergeletak di piring di atas meja
Alat-alat peraga seperti yang ditampilkan di atas, akan memandu anak-anak untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi secara sederhana, berkesan, terarah dan intensif. Beberapa alat peraga memberikan tantangan lebih, seperti misalnya sepeda di atas
20
|
Dan kita bisa berharap, setelah kunjungan ke tempat ini, kita akan lebih giat dalam hal mempelajari ilmu pengetahuan. Baik di sekolah, di rumah dan di kehidupannya sehari-hari. Bagaimana ilmu pengetahuan diperoleh dari alam ini, teknologi dikembangkan, dan bagaiman Iptek dimanfaatkan untuk membantu kehidupan kita.
Tidak mustahil, dan itu sudah beberapa dibuktikan, muncul dari Indonesia ilmuwan-ilmuwan atau teknolog-teknolog muda, yang akan mengembangkan dan memajukan Indonesia, dan tidak lari ke negara lain menjual otak dan tenaga mereka ke negara yang menampung mereka hanya karena merasa tidak puas di negeri ini.
Dan mudah-mudahan kita termasuk di antaranya....Amin.
Selain benda-benda peraga yang dipamerkan, untuk lebih memberikan fasilitas pembelajaran kepada pengunjung, di dalam PP IPTEK terdapat pula beberapa ruangan kelas yang digunakan untuk demo dan pelajaran singkat mengenai iptek. Terdapat auditorium juga, yang
21
|
Kelas singkat mengenai sains.
Dengan kita mengujungi PP IPTEK kita akan membawa manfaat besar bagi mereka. Dan memang kita merasa amat senang dan puas berkunjung ke sini. Kita banyak belajar, bermain dan menemukan hal-hal baru.
Saran untuk pengelola PP IPTEK ini, dari kami, agar PP IPTEK tetap dirawat, dikembangkan dan ditambah terus koleksi alat-alat peraganya. Yang rusak-rusak dan hilang, agar diperbaiki dan dilengkapi kembali. Bagian bangunan gedung pun, yang saat itu mereka lihat ada yang rusak, diminta segera diperbaiki agar tidak sampai menjadi parah.
Saran buat teman-teman, yang belum sekolah atau pun yang sudah sekolah, cobalah ajak orang tua kalian berkunjung ke tempat ini. Kalian pasti akan mendapat banyak ilmu, puas dan juga senang. Sayang kan...kita punya pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat lengkap ini, kalau tidak kita manfaatkan.
22
|
Alat peraga yang menunggu diperbaiki
Bagian atap bangunan yang rusak...juga menunggu diperbaiki
Pi sama dengan....tiga koma satu empat bla bla bla bla bla...bla...bla.........capek nyebutinnya!
23
|
Halaman depan Pusat Peragaan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi dengan land mark bola dunia (maaf, ada yang numpang setor
muka … )
Monumen dengan gaya futuristik yang
menarik, menyambut pengunjung di depan pintu masuk.
Beberapa contoh alat peraga baik
yang berupa informasi maupun praktek yang terdapat di PP IPTEK antara lain :
24
|
Walaupun bukan
wahana permainan, ternyata alat-alat peraga yang ada benar-benar menarik minat.
Bukan hanya anak-anak, namun juga bagi orang dewasa. Biasanya kalau di museum,
barang-barangnya di kotak kaca, tidak boleh dipegang. Kalau di museum PP IPTEK
ini anak-anak dijamin akan senang, karena semua boleh dipegang, dicoba dan
dimainkam.
Saran
kami, bila berniat ke Museum PP-IPTEK, lebih baik jadikan Museum PP-IPTEK
sebagai tujuan pertama dalam kunjungan kita ke Taman Mini Indonesia Indah
karena anda masih dalam keadaan segar (belum terlalu lelah) sehingga
masih excited dan bersemangat untuk
bereksplorasi mencoba alat-alat peraga yang disediakan. Selain itu kunjungan ke
Museum PP-IPTEK sebaiknya tidak hanya dikunjungi satu kali karena butuh waktu
seharian penuh untuk membaca setiap penjelasan dan meresapi ilmu yang akan anda
dapatkan dari kegiatan mencoba berbagai alat peraga.
Museum PP-IPTEK ini letaknya sangat berdekatan dengan Museum Transportasi. Jadi biasanya setelah puas mengelilingi Museum PP-IPTEK, pemberhentian selanjutnya adalah Museum Transportasi, yang juga merupakan salah satu museum terfavorit bagi anak-anak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Wahana yang sangat diminati pengujung ada tiga macam yaitu, mengendari sepeda melayang, rumah gempa, roket luncur.
Museum PP-IPTEK ini letaknya sangat berdekatan dengan Museum Transportasi. Jadi biasanya setelah puas mengelilingi Museum PP-IPTEK, pemberhentian selanjutnya adalah Museum Transportasi, yang juga merupakan salah satu museum terfavorit bagi anak-anak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Wahana yang sangat diminati pengujung ada tiga macam yaitu, mengendari sepeda melayang, rumah gempa, roket luncur.
25
|
Pengunjung diajak menjelajahi iptek dengan metoda pembelajaran discovery learning, yakni mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkan dengan cara berinteraksi, bermain sambil belajar dengan alat peraga. Alat peraga yang dapat dimainkan oleh anak-anak antara lain:
* alat peraga bunyi
* alat peraga telekomunikasi
* alat peraga transportasi
* alat peraga susunan tubuh manusia yang bisa dimainkan seperti puzzle
istana cahaya. isinya berbagai alat peraga untuk fisika cahaya seperti polarisasi, polawarna dsb
* kotak untuk bermain sulap dimana ada bagian tempat kita berdiri, tetapi dari depan kotak hanya kepala kita saja yang terlihat.
* arena peneliti
* tsunami corner
1.
TOKOH
a.
NICOLAS COPERNICUS
Nicolas
Copernicus, pencipta teori heliosentris. Beliau lahir pada tanggal 19 februari
1943.
b.
PLATO
Lahir pada tahun 438 SM dari keluarga
terkemuka Athena sebagai ahli filsafat dan kreatif yang mengembangkan konsep fisafat barat,
psikologi, logika dan politik.
c.
SIRR NEWTON
Lahir di Grentham, Lincolishire, Inggris pada tanggal 4 Januari 1963
sebagai jenius ilmu yang terbesar sepanjang
masa.
d.
GOTTRIED WITEM LEITBNIS
Lahir di Lueupzig, Jerman pada 1 Juli 1646. Seorang jenius universal
dan pelopor ilmu pengetahuan moderen.
2. ALAT
PERAGA
a. GENERATOR
Generator
adalah pembangkit listrik yang menghasilkan GGL induksi atau arus listrik induksi.
Pada perinsipnya generator mempunyai bagian yang tak bergerak di sebut statior
dan bagian yang bergerak adalah rotor.
b. REAKTOR NUKLIR
26
|
Ada
dua jenis reaktor, antara lain :
1.
Reaktor kimia
2.
Reaktor nuklir
c. PLTGU
Pembangkit
listrik tenaga gas dan uap (PLTGU ) merupakan pembangkit listrik dengan
memanfaatkan dua sumber secara sekaligus juga meninggalkan efisiens.
d. REAKTOR RISET
Reaktor
riset / penelitian adalah reaktor yang mengutamakan pemanfaatan newton,
yang dihasilakan dari reaktor nuklir.
Tipe-tipe
reaktor riset :
1.
Tipe kolom perbandinagan dan
bermoderator air berat
2.
Tipe kolom perbandinagan dan
bermoderator air ringan
3.
Tipe kolom perbandinagan air ringan
bermode rator air berat
e. KONDUKTOR PANAS
Konduktor
panas adalah material yang dapat menghantarkan panas dengan mudah. Contoh : logam
adalah penghantar panas
yang baik.
f. ABWR
ABWR
( rector air didih lanjut ) adalah
hasil teknologi BWR TOCHIBF yang merupakan kombinasi teknologi tercanggih BWR dunia paling maju.
g. KONVEKSI PANAS
Konveksi panas adalah proses perpindahan kalor secara
aliran/konveksi merupakan satu fenomena permukaan, konveksi hanya terjadi di
permukaan benda.
h. BOLA BERGANTUNG
Bola
bergantung adalah udara yang mengalir memiliki tekanan udara di sekitarnya alat
peraga bola bergantung melayang dan meja bernovlli bekerja berdasarka hukum
bernovlli tentang tekanan udara.
i.
FLIP-FLOP
Flip-flop
adalah rangkaian digital yang
digunakan untuk menyimpan suatu biter semi permanen sampai ada satu perintah
untuk menghapus/menggali isi dari biter.
j.
27
|
LDR
( Ligh Dependent Resistor ) ialah
tenis resister yang berubah karna pengaruh cahya.
k. BONEKA LISTRIK
Boneka
listrik adalah gulungan kawat pada boneka yang berputar di antara magnet tetap akan membangkitkan arus listrik.
l.
REAKSI
NUKLIR
Dalam
sebuah fisika reaksi nuklir adalah sebuah proses dimana dua nuklir/partikel
nuklir bertubrukkan untuk produksi hasil yang berbeda dari produk awal.
m. TELUR UNIK
Arus
listrik pada gulungan kawat ( selendd
) menimbulkan medan magnet yan berputar dengan frekuensi tinggi sehingga telur
logam dapat berputar.
n. MENGEMBANG BUKAN DI TIUP
Tekanan
dalam balon lebih tinggi daripada
disunggkup sehingga balon
mengembang.
o. HALILINTAR
Karena
udara lembab di sekitar alat peraga maka
terbentuk loncatan buangan api listrik. Bola api listrik bermula dari bagian
terdekat di antara sepasang kawat karena listrik lebih mudah berpindah.
p. TENAG SURYA
Muatan-muatan
listrik adalah bahan dasar sel surya akan bergerak dan akan menghasilkan
listrik.
q. RAMBATAN BUNYI
Bunyi
merambat melalu medium ( udara ) di luar
angkasa yang hampa udara. Jadi kita tidak dapat mendengar bunyi maka dari itu para astronot mengunakan
gelombang radio untuk berkomunikasi.
r. TABUNG HAMPA
Semua
benda baik ringan maupun berat apapun bentuknya dan ukuranya jatuh dengan
kecapatan yang sama.
s. HOLOGRAM
Hologram
adalah gambar 3 dimensi dengan teknik
pencahayaan tertentu.
t.
PANTULAN
CAHAYA
Bentuk
datar cembung dan cekung digunakan
untuk cermin hias.
u.
28
|
Gesekan
antara kereta luncur dan udara jauh
lebih kecil gesekan antara kereta sehingga dengan bantuan udara, kereta dapat
lebih mudah bergerak.
v. KERETA BALON
Angin
dari dalam balon menghembus keluar dengan kuat, menghasilkan daya dorong yang
besar, sehingga kereta dapat meluncur. Interaksi dari gerakan berulang yang
harmonis menghasilkan pola yang indah, seorang pakar fisika Prancis Julessojus mengembangkan pada kerja
awal.
w. BOLA LISTIRK
Listrik
akan mengalir dari potensi yang lebih tinggi menuju yang lebih rendah maka kita
dapat memberikan jalan bagi listrik untuk mengalir.
x. GENERATOR PEDAL
Terjadi
karena pedal yang kita kayuh
akan menggerakan generator dan menyebabkan
lampu dapat menyala
y. ENERGI VS DAYA
Energi
yang tersimpan dalam kapasitas bisa dipakai sedikit demi sedikit laju
pemakain tenaga oleh perangkai listrik. Dari pecobaan di atas dapat dirumuskan :
Ø Energi
= Daya x Waktu
Ø Daya
= arus listrik I ( A ) x Tegangan E ( V )
z. GAYA SENTRIPETAL
Percobaan
ini dimulai ketika bejana diputar akan timbul gaya yang mengarah ke pusat
lingkaran. Gaya ini mendesak aliran ke dinding bejana.
aa. MEKANISME PERNAPASAN
Masuk
dan keluarnya udara dari dan ke paru-paru disebabkan membesarnya rongga dada
bb. BIOSKOP
Peragaan
menujukan adanya gaya putar lain yang
bekerja pada benda yang berputar disebut Giroskopik. Gaya ini menyebabkan
landasan tempat duduk Anda berputar.
cc. RESONATOR
Sebuah
benda akan mengalami resonasi jika frekuensi kedua benda tersebut sama dengan benda
lain.
dd.
29
|
Sebuah
elips mempunyai titik fokus. Tiap kali bola dilepaskan dari jalur permukaan dari salah satu fokusnya, bola akan menggelinding ke lubang yang merupakan
titik fokus lainya.
C. Gelanggang
Samudra Ancol
Gelanggang Samudra memberikan tontonan yang menghibur dari
berbagai satwa di laut
Di
sini Anda dapat menyaksikan berbagai tingkah lucu satwa yang sudah
terlatih. Hewan darat seperti berang-berang,
beruang madu dan kuda nil serta hewan laut seperti singa laut, lumba-lumba dan paus putih siap menghibur pengunjung dengan berbagai atraksi
yang menarik. Ditambah dengan
menonton pertunjukan 4 dimensi dapat menjadikan pengalaman tersendiri untuk pengunjung.
Gelanggan
Samudra Ancol merupakan sebuah Oseanarium.
Oseanarium merupakan taman mamalia
laut dan makhluk laut lainmya. Selain menikmati rekreasi bersama keluarga
maupun teman, di sini Anda juga
dapat berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti
lumba-lumba, paus, singa laut,
dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra
Ancol juga menjadi sarana konservasi serta laut.
30
|
31
|
Sinema 4D
Wahan lain yang
tidak kalah seru adalah sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi. Anda harus mengantre untuk masuk ke dalam
bangunan teater ini. Di dalam petugas akan membagikan kaca
mata 3 dimensi.
Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam
teater. Film yang disajikan
berdurasi kurang lebih 15 menit.
Dengan memakai kaca mata 3 dimensi, Anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air/angin pada
adegan tertentu sehingga Anda
dapat merasakan suasana sesungguhnya. Ada 5 pilihan jadwal pada hari Senin sampai Sabtu dan 2 kali ekstra pertunjukan pada hari Minggu dan hari libur. Tetapi Anda dapat menonton satu kali karena
untuk masuk ke dalam wahana ini
harus menggunakn tiket yang terdapat pada tiket masuk.
Scorpion Pirates
Scorpion Pirates adalah sebuah tempat di mana di dalamnya kita dapat melihat
pertujukan tentang perebutan pedang milik pangeran. Di sini kita dapat
melihatnya dari pukul 11.29 WIB s/d 11.42 WIB.
Gelanggang Samudra
Gelanggan Samudra Ancol dapat
menjadi tempat rekreasi yan mendidik. Anda dapat mengenalkan berbagai ikan air
tawat yang berada di sungai baik
Indonesia maupun luar negeri. Anda juga dapat mengunjungi akuarium air laut
yang akan menyajikan berbagai ikan air laut yang lucu dan unik. Anda juga dapat mengujungi area wisata belajar sebagai
sarana belajar yang baik bagi Anda.
31
|
Ancol memang menawarkan berbagai lokasi wisata menarik. Anda dapat
mengujungi Dufan, Atlantis, Sea world,
dan juga jangan lupa Gelanggan Samudra.
Gelanggan Samudra anco merupakan oseanarium ( oceanarium )
yangmenawarkan rekreasi
Tiket Masuk Kendaraan sebesar
Rp.20.000 untuk melewati Pintu Gerbang Ancol, tetapi kami tetap harus membayar
Tiket Masuk Pengunjung sebesar Rp.15.000/orang.
D. Dufan
Dufan ( Dunia Fantasi ) diresmikan pada ta
nggal 29 Agustus
1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (
ancol taman impian ), Jakarta Utara, Indonesia. Dufan memiliki maskot seekor
kera bekatan yang bernama Dufan.
32
|
Hysteria
wahana ini adalah wahana terbaru di Dufan. Hysteria merupakan wahana yang
terdiri dari 10 kursi yang melesat dengan sangat cepat setinggi 56 m dan diturunkan dengan sangat cepat pula,
sehingga pengujung dapat merasakan
adrenalin saat ditembakan ke atas dengan kecepatan 4 G kemudian dijatuhkan dengan kapasitas minus 1 G.
Kora – Kora
Kora
– Kora adalah wahana berbentuk perahu yang diayun- ayunkan ke depan dan belakang perlahan – lahan dari sangat
pelan hingga sangat kencang dan tinggi, yang juga berayun hampir 90 derajat.
Hal ini dapat memberikan sensasi kengerian
pada saat berada di puncak ketinggian dan pada saat berayun turun.
Ontang Anting
33
|
35
|
Bianglala
Bianglala
yang letaknya tepat di sebelah
Kora-Kora. Bianglala adalah wahana yang berbentuk kincir raksasa dengan
ketinggian 33 m. Bianglala dibangun
dengan arsitektur dan ornamen
bernuansa warna khas Thailand. Selain itu juga kita dapat melihat hampir
seluruh kawasan Dufan dari atas Bianglala ini.
Tornado
34
|
Istana
Boneka
Disini kita dapat melihat sekitar 600 boneka animatronik yang mengenakan
pakaian khas dari berbagai daerah Nusantara dan Mancanegara. Istana ini
dirancang dengan 10 gaya bangunan arsitektur Indonesia, yang distilir hingga
menjadi sebuah bangunan baru dan berwarna-warni seningga memberi kesan semarak
dan unik. Untuk dapat melihat boneka – boneka disini kita harus menaiki perahu
yang berkapasitas sekitar 6 hingga 9 orang.
36
|
Happy Feet adalah Theater Simulator 3D yang diangkat dari film animasi penguin milik Warner Bros. Dalam Happy Feet
ini kita diajak ikut
berpetualang dengan karakter yang ada pada animasi yang ditampilkan, karena ini merupakan simulator 3D, layar yang di
gunakan berbentuk cekung dan sangat besar serta kursi yang kita duduki akan
bergerak sesuai dengan adegan yang ada di layar, maka kita akan merasakan
berpetualang secara nyata.
Niagara-gara
dan Arung Jeram
35
|
36
|
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah melakukan pengamatan langsung ke
TMII, PP IPTEK, Gelanggan Samudra Ancol, dan Dufan penyusun dapat menarik beberapa
kesimpulan sebagai berikut :
1)
Objek-objek ini selain menghibur juga
menambah pengetahuan dan wawasan.
2) Objek-objek
yang telah kami kunjungi juga
memiliki daya tarik bagi pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.
3)
Objek-objek yang telah kami kunjungi memiliki kelebihanya
masing-masing.
B. Kesan dan Pesan
a. Kesan
Pada dasarnya penyusun
sangat terkesan pada tempat-tempat yang
telah penyusun kunjungi.
b. Pesan
1. Menambah waktu kunjungan di setiap objek wisata sehingga siswa
mendapatkan data-data yang lengkap.
2. Rencana dipersiapkan dengan matang
agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Adik-adik kelas yang mungkin akan
melaksanakan study tour hendaknya harus teliti, cermat, dan saling melengkapi dalam
mencatat hal-hal penting supaya dalam pembuatan karya tulis tidak mengalami
kesulitan. Serta harus kerja sama
yang baik dalam penyusunan karya tulis ini.
C. Kata Penutup
Alhamdullilah dengan segala kerendahan hati penyusun panjatkan puja dan puji syukur
kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya,
sehingga penyusun dapat menyelesaikan tugas laporan ini walaupun masih banyak
kekurangan dalam susunan kalimat, bentuk, maupun isinya.
37
|
Penyusun
berkeyakinan bahwa setiap pembaca yang bijaksana dan sudah bisa membaca dan
menulis, membaca keterangan atau buku ilmiah maupun buku laporan pasti dapat menyikapi kesalahan-kesalahan
tersebut.
Serta
berkat rahmat dan hidayah-Nya dari Allah SWT, juga bimbingan dari bapak/ibu
guru, penyusunan karya tulis ini
telah dapat diselesaikan dengan
segala daya dan upaya. Semoga
karya tulis ini bermanfaat bagi penulis
khususnya, seluruh generasi muda dan siswa/siswi MTs Negeri Majenang.
Daftar Pustaka
1.
Diambil dari
buku Laporan Study Tour ke Objek
Wisata Jakarta, Tahun Pelajaran 2008/2009
2.
Diambil dari
buku Laporan Study Tour ke Objek
Wisata Jakarta, Tahun Pelajaran 2009/2010
3.
38
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar